WISATA PANTAI JEPARA

WISATA PANTAI JEPARA, SEJARAH PANTAI BENTENG PORTUGIS

WISATA PANTAI JEPARA, kalau kita berbicara soal pariwisata Jepara yang ada di kota ukir Jepara, tentunya tidak dapat kita kupas habis dalam kurun waktu satu atau dua jam saja. Mengapa demikian? Karena wisata yang ada di jepara, baik berupa daratan maupun lautan atau pantai, mengandung nilai sejarahnya masing-masing. Suatu misal pantai Benteng portugis, pantai ini mempunyai nilai sejarah sangat tinggi. Konon di pantai ini adalah sebagai benteng suatu kerajaan terbesar di tanah jawa. Namun tidak hanya pantai benteng portugis saja, seperti Pulau Karimunjawa, pantai kartini Jepara, Pantai Teluk Awur, Pantai Bandengan (Tirto Samudra), Pantai Blebak, Pantai Pailus, dan masih banyak pantai wisata yang tiddak dapat kami sebutkan satu persatu.

SEJARAH PANTAI BENTENG PORTUGIS

Pada tahun 1619, kota Jayakarta / Sunda Kelapa dimasuki VOC Belanda, dan saat ini Sunda Kelapa yang diubah namanya menjadi Batavia dianggap sebagai awal tumbuhnya penjajahan oleh Imperialis Belanda di Indonesia. Sultan Agung Raja Mataram sudah merasakan adanya bahaya yang mengancam dari situasi jatuh nya kota Jayakarta ke tangan Belanda. Untuk itu Sultan Agung mempersiapkan angkatan perangnya guna mengusir penjajah Belanda. Tekad Raja Mataram ini dilaksanakan berturut-turut pada tahun 1628 dan tahun 1629 yang berakhir dengan kekalahan di pihak Mataram. Kejadian ini membuat Sultan Agung berpikir bahwa VOC Belanda hanya bisa dikalahkan lewat serangan darat dan laut secara bersamaan, padahal Mataram tidak memiliki armada laut yang kuat, sehingga perlu adanya bantuan dari pihak ketiga yang juga berseteru dengan VOC yaitu Bangsa Portugis.

Benteng ini sekarang hanya berupa reruntuhan tembok berbentuk persegi empat yang terletak di atas bukit tepat di seberang selatan Pulau Mandalika. Di dalam tembok hanya berupa lahan kosong yang ditumbuhi beberapa pohon yang sengaja dibiarkan untuk tempat berteduh pengunjung. Di area dalam sebelah utara terdapat satu bangunan yang juga digunakan sebagai temat berteduh pengunjung. Selain itu terdapat beberapa replika meriam yang ditempatkan di sisi utara dan timur benteng yang langsung berbatasan dengan laut lepas.

Adapun fasilitas wisata benteng portugis adalah sebagai berikut:

  1. Kawasasan Benteng
  2. Rumah Portugis
  3. Mushala
  4. Area Parkir
  5. Pantai

Bila anda kurang puas jalan-jalan wisata anda di Karimunjawa, anda dapat mengunjungi sejumlah wisata yang kami sebutkan diatas. Caranya cukup mudah, dengan anda dari kantor KARTINI WISATA, anda dapat menyewa mobil atau kendaraan bermotor.

Dari kantor KARTINI WISATA jalan menuju pantai Kartini Jepara kurang lebih 200 meter, dengan memakan waktu 1 menit menuju pantai. Ke pantai teluk awur kurang lebih 2 Km, ke pantai Bandengan (Tirto Samudro) 4 Km, sementara itu menuju ke pantai Benteng Portugis 60 Km.

PULAU KARIMUNJAWA

0 comments on “WISATA PANTAI JEPARAAdd yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *